MANAJEMEN PROGRAM KOMUNIKSI BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN
(Arabic Language Communication Program Management at Pesantren)
DOI:
https://doi.org/10.47323/ujss.v3i1.174Keywords:
iManajemen iprogram, iKomunikasi ibahasa iArab, iPondok imodernAbstract
Penelitian iini ibertujuan iuntuk imendeskripsikan iperencanaan, ipelaksanaan idan ievaluasi iprogram ikomunikasi ibahasa iArab idi ipondok ipesantren imodern iArafah iSungai iPenuh. iMetode ipenelitian iyang idigunakan idalam iartikel iini iadalah imetode ikualitatif ideskriptif, iyang imana ipeneliti imemperoleh idata idari ihasil iobservasi idan iwawancara iyang ikemudian idilakukan ianalisis ikondensasi idata, ipenyajian idata, idan ipenarikan ikesimpulan. iHasil ipenelitian imenunjukkan ibahwa idalam iperencanaan iprogram ikomunikasi ibahasa iArab iyang idigunakan idi ipondok ipesantren imodern iArafah imenggunakan ipendekatan iinteractive iapproach. iProses iperencanaan iprogram itersebut idilakukan ioleh iseluruh iasatidz idan idewan ipengasuhan iyang ikemudian idi isahkan ioleh ipimpinan ipodnok iyang imeliputi i: iperencanaan iprogram, ipenjadwalan, idan ianggaran ikegiatan. iTahap ipelaksaannya ipondok imodern iArafah imenerapkan ibeberapa istrategi iyaitu i: ipembelajaran ibahasa iArab idi idalam ikelas, ibi’ah ilughawiyah, iilqaul imufradat, imuhadasah, idan imuhadarah. iUntuk itahap ievaluasinya ipondok ipesantren imodern iArah imelaksanakan ievaluasi iharian, imingguan, idan ibulanan. i
References
Abdul iWahab iRosyidi, i2017. iMedia iPembelajaran iBahasa iArab, i(Malang i: iUIN iMalang)
Asyrafi iSyamsuddin, i2016. iMetodologi iPengajaran iBahasa iArab i: iKonsep iDan iImplementasinya, i(Yogyakarta i: iPenerbit iOmbak)
Arifin, iZainal. i2012. iEvaluasi ipembelajaran, i(Jakarta: iDirektorat ijendral iPendidikan iislam ikementerian iagama iislam iRI,)
Basuki, iI idan iHaryanto. i2014. iAsesmen iPembelajaran i(Bandung: iPt. iRemaja iRosdakarya)
Bin Tahir, S. Z. (2015). Multilingual behavior of Pesantren IMMIM students in Makassar. Asian EFL Journal, 86, 45-64.
Bin-Tahir, S. Z., & Rinantanti, Y. (2016). Multilingual lecturers’ competence in english teaching at the university of Iqra Buru, Indonesia. Asian EFL Journal, 5, 79-92.
Khalilullah, i iMedia iPembelajaran iBahasa iArab i(Yogyakarta i: i iAswaja iPressindo)
Matthew iB iMiles, iA. iMichel iHuberman, iand iJohny iSaladana, iQualitative iData iAnalysis iA iMethods iSourcebook iEdition i3, i3rd ied. i(New iYork: iSAGE iPublications, i2014).
Moh. iAinin, i2016. iMetodologi iPenelitian iBahasa iArab, i(Malang i: iCV. iBintang iSejahtera).
Miles, iHuberman, iand iSaladana, iQualitative iData iAnalysis iA iMethods iSourcebook iEdition i3.
Nur iAzaliah idan iDanial iHilmi, i2021. iManajemen iProgram iPembelajaran iBahasa iArab iPadad iAnak iPrasekolah iYayasan iPAUD, iJurnal iAkuntabilitas i: iManajemen iPendidikan, ivol i09 i(1) iAprl i2021
Rusydi iAhmad iTha‟imah, idkk, i2006. iTa‟lim ialLughah iIttishaliyyan iBaina ial-Manahij iWa ialIstiratiijiyaat, i(Mathba‟ah iBani iIznanis i: iMaroko)
Rusmiati, i2021. iEvaluasi ipembelajaran isebagai iupaya imeningkatkan imutu ipendidikan, i(Bogor i: iUniversitas iDjuanda)
Sadat, iA. iLingkungan iBahasa iSebagai iMedia iPembelajaran iBahasa iArab i(Ikhtiar iMembangun iPembelajaran iYang iEfektif iDan iProduktif). iAl-Af’idah i: i iJurnal iPendidikan iBahasa iArab iDan iPengajarannya. iI i(1) i2017
Setiadi, iMursyidun. i2011. iPerencanaan iPembelajaran i(Malang: i iahlimedia ipress)
Sudijono, iA. i2011. iPengantar iEvaluasi iPendidikan i(Jakarta: iRaja iGrafindo iPersada)
Sugianto, i2008, i iDasar-Dasar iManajemen iKristiani i( iJakarta i: iGunung iMulia)
Sugiyono, i2009. iMetode iPenelitian iKualitatif, iKuantitatif iDan iR&D i(Bandung: iAlfabeta).
Syamsuddin, iA. i2016. iMetodologi iPengajaran iBahasa iArab i: iKonsep iDan iImplementasinya, i(Yogyakarta: iPenerbit iOmbak)
Wina iSanjaya, i2013. iPenelitian iPendidikan i(Jakarta: iKencana iPrenada iMedia iGroup).