ANALISIS MANAJERIAL PEMBELAJARAN GRAMATIKAL BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN SALAFIYYAH PUTRA DARUL ULUM PUJON, MALANG

Managerial Analysis of Arabic Grammatical Learning at the Salafiyyah Putra Darul Ulum Islamic Boarding School Pujon, Malang

Authors

  • Hasan Basri Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujss.v2i2.135

Keywords:

Managerial, grammatical Arabic, Darul Ulum Islamic boarding school

Abstract

This study aims to describe managerial learning form. Arabic grammatical language in Salafiyyah Putra Darul Ulum Islamic boarding school, explains problem indicators of its success. This study used qualitative descriptive method with data collection using observation, interview and documentation techniques. Data validition of this study are used triangulation method. Meanwhile, data analysis are used Miles and Huberman model which includes data reduction, display data, conclusion and verification. Subjects  in this study are 53 students that divided into IV, V, VI MI, and I, II, and III Mts. Result of this study showed that managerial process of Arabic grammatical learning at Darul Ulum Islamic boarding school. There is planning process including daily formulation, weekly, and annual agenda. Implementation of daily agenda is sorogan form, weekly agenda in lalaran form, and annual agenda in memorization form and book of reading competition. Meanwhile, evaluation is carried out into three stages, namely weekly, monthly and annual stages. However, managerial learning found problem in difficulty form of using sterile meaning method to new santri who had ethnic backgrounds other than Javanese. Indicator of success is activeness of students in participating in various Bahtsul Masa'il forums. 

References

Abdurrahman. “Pengembangan Desain dan Pendekatan Perencanaan (Planning) Dalam Manajemen Pendidikan Islam”. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Univesitas Nurul Jadid, Probolinggo, Vol. 1, No. 2, (2017).

Abidin, Muhammad Zainal. “Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Salafiyah (Studi Multi Situs di Pesantren Al Ustmani dan Al Hasani Al Lathifi Kabupaten Bondowoso)”. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Jember. (2020).

Afriza. Manajemen Kelas. (Pekanbaru: Kreasi Edukasi Publishing and Consulting Company, 2014).

Ahyar, Haerul. “Penguasaan Mufradat dan Qawa’id Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas X IIK MAN 1 Sleman Yogyakarta”. Al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol. 4, No. 2, (2018).

Al Maduri, Ahmad Hifni Rozzak. Kaifiyyah Al Ma’ani Bil Ikhtisor Li Tullabah Al Madarisi Wa Al Ma’ahidi Ad Diniyyah. (Tulungagung: Al Hidayah, Tanpa Tahun).

Aliyah. “Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning”. Al-Ta’rib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaraban, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangkaraya, Vol. 6, No. 1, (2018).

Amirudin, Muhammad Zuhd. “Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Pada Pondok Pesantren di Lampung”. (Repository UIN Raden Intan Lampung, 2021).

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. (Jakarta: Rhenika Cipta, 1993).

Aris dan Syukron. “Perbandingan Metode Bandongan dan Sorogan Dalam Memahami Kitab Safinatunnajah”. Tdaqofatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, STIT Buntet Pesantren Cirebon, Vol. 03, No. 01, Edisi Juni, (2020).

Chairi, Effendi. “Pengembangan Metode Bandongan dalam Kajian Kitab Kuning di Pesantren Attarbiyah Guluk-guluk Dalam Perspektif Muhammad Abid Al Jabiri”. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Manajemen Pendidikan Islam, Institut Pesantren KH Chalim, Pacet, Mojokerto, Vol. 4, No. 1, (2019).

Dilla, Somi Fami. “Kreativitas Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMAN 1 Kuala Nagan Raya”. Skripsi Jurusan Manjemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, (2019).

Djajasudarma, T. Fatimah. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Cetakan Kedua. (Bandung: PT Refika Aditama, 2006).

Fadliyah, Jamilatul dan Hernisawati. “Penerapan Bimbingan Kelompok Berbasis Lalaran Untuk Mengatasi Kecemasan Terhadap Hafalan Santri di Pondok Pesantren”. Buletin of Counseling and Psycgotherapy, Institut Agama Islam Ma’arif NU Metro Lampung, Vol. 02, No. 01, Edisi Maret, (2020).

Fakhrurrozy, M. Imam. “Nahwu dan Shorof Perspektif Pembelajar Bahasa Kedua”. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa II, HMJ Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, (2018).

Fitrianur, Sofia Hasanah. “Implementasi Metode Sorogan Modified Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pesantren Luhur Sabilussalam Ciputat”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, (2014).

Habibi, Achmad, Amirul Mukminin, Johni Najwan, Muhammad Sofwan, Septu Haswindy, Lenny Marzulina, Muhammad Sirozi, Kasinyo Harto. “Investigating EFL Classroom Management in Pesantren: A Case Study”. The Qualitative Report, TQR, Vol. 23, No, 09, (2018).

Hasyim, Mochamad, Amang Fathurrohman. “Pengembangan Desain Permainan Stik Lalaran Untuk Peningkatan Kemampuan Mufrodat dalam Kitab Bahasa Arab Ro’sun Sirah Bagi Santri Madrasah Diniyah Tingkat Ula”. Studi Arab: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Yudharta Pasuruan, Vol. 09, No. 02, Edisi Desember, (2018).

Hayati, Cucu dan Sukiman. “Efektivitas Metode Bahtsul Masa’il Dalam Meningkatkan Daya Kritis dan Pastisipasi Siswa Pada Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah”. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Kementrian Agama Republik Indonesia, Vol. 18, No. 03, (2020).

Hidayah, Erlin Nurul dan Suko Susilo. “Tradisi Lalaran Sebagai Upaya Memotivasi Hafalan Santri di Pondok Pesantren Putri Al-Mahrusiyah III Mojoroto Kediri Jawa Timur”. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti Kediri, Vol. 10. No. 01, Edisi April, (2020).

Irsyady, Kamran Asat. “Aspek Gramatikal Syaikh Nawawi Al-Bantani (Perspektif Linguistik Arab)”. Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, Vol. 09, No. 02, Edisi Desember, (2017).

Latif, Yudi. Intelegensia Muslim dan Kuasa: Genealogi Intelegensia Muslim Indonesia Abad ke-20. (Bandung: Mizan, 2005).

Muhammad, Husein. “Bahtsul Masail NU dan Implementasi Demokrasi”. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama dan Keagamaan, Kementrian Agama Republik Indonesia, Vol. 03, No, 02, Edisi April-Juni, (2005).

Munthe, Ashiong P. “Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Penegrtian, Tujuan, dan Manfaat”. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Vol. 5, No. 2, Edisi Mei, (2015).

Novitasari, Apriani. “Analisis Pengaruh Pembelajaran Teks Arab Berbasis Terjemah Arab Pegon Pada Penguasaan Mufrodat dan Gramatikal Bahasa Arab Siswi MTs Kelas Mumtaz Awal di MTs Pondok Tremas Pacitan Jawa Timur”. Tesis Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, (2017).

Ridwan, Mohammad. “Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Mahasiswa (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading, Lembaga Tinggi Pesantren Luhur (LTPL) dan Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Kota Malang”, Tesis Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (2018).

Suardipa, I Putu dan Kadek Hengki Primayana. “Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Vol. 4, No. 2, Edisi September, (2020).

Sufa, Azuma Fela. “Efektifitas Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Mahalli Brajan Wonokromo Pleret Bantul Tahun Ajaran 2013/ 2014”. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. V, No. 2, Edisi Desember, (2014).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. (Bandung: Alfabeta, 2008).

Sumarto. “Evaluasi dan Manajemen Pendidikan Berbasis Al Qur’an dan Hadith”. Universum: Jurnal Keislaman dan Kebudayaan IAIN Kediri, Vol. 10, No. 02, Edisi Juli, (2016).

Suryapermana, Nana. “Manajemen Perencanaan Pembelajaran”. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Vol. 3, No. 2, Edisi Desember, (2017).

Syafaruddin dan Irwan Nasution. Manajemen Pembelajaran. (Jakarta: Quantum Teaching, 2005).

Syafi’i, Imam. “Transformasi Madzhab Qouli Menuju Madzhab Manhaji Jama’iy Dalam Bahtsul Masa’il”. Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam, Fakultas Syariah Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Probolinggo, Vol. 04, No. 01, Edisi Januari, (2018).

Syuhud, A. Fatih. Cara Mudah Membaca Kitab Kuning. Cetakan kedua. (Malang: Al Khoirot, 2021).

Ulum, Mokhamad Miptakhul. “Metode Membaca Kitab Kuning Antara Santri dan Mahasiswa”. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, Institut Pesantren Mathaliul Falah, Pati, Vol. VII, No. 2, (2018).

Wahyuni, Sri dan Rustam Ibrahim. “Pemaknaan Jawa Pegon Dalam Memahami Kitab Kuning di Pesantren”. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Univesitas Sains Al Qur’an, Wonosobo, Vol. 17, No. 01, Edisi Desember, (2017).

Zamroni, Hakim. “Manajemen Pembelajaran Kaidah-kaidah Bahasa Arab Dengan Metode Amtsilati”. Tesis Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, (2016).

Downloads

Published

2021-08-29

How to Cite

Basri, H. (2021). ANALISIS MANAJERIAL PEMBELAJARAN GRAMATIKAL BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN SALAFIYYAH PUTRA DARUL ULUM PUJON, MALANG: Managerial Analysis of Arabic Grammatical Learning at the Salafiyyah Putra Darul Ulum Islamic Boarding School Pujon, Malang. Uniqbu Journal of Social Sciences, 2(2), 64–75. https://doi.org/10.47323/ujss.v2i2.135