ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR

Analysis of Error Completing Story Problems in The System of Linear Equations

Authors

  • Nur Alifah IAIN Pare-Pare

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujes.v2i2.151

Keywords:

cerita, kekeliruan, persaan linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep, kesalahan fakta, kesalahan prinsip dan kesalahan keterampilan operasi hitung bilangan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buru. Untuk mengetahui kesalahan itu digunakan instrumen tes diagnostik yang terdiri atas lima butir soal dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier sebagai berikut: (1) kesalahan konsep, yakni kekeliruan siswa yang menuliskan sistem persamaannya adalah a1x + b1y =c1 dan  a2x + b2y =c2 sebesar  12,78% atau tingkat penguasaan sebesar 87,22%, (2) kesalahan prinsip metode eliminasi sebesar 12,78% atau tingkat penguasaan sebesar 87,22%, (3) kesalahan fakta yakni kekeliruan siswa yang menuliskan data yang diketahui kemudian membuat dalam model matematika sebesar 17,22% atau tingkat penguasaan 82,78%, (4) kesalahan operasi hitung bilangan sebesar 8,89% atau tingkat penguasaan sebesar 91,11%. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kesalahan yang dominan dilakukan siswa adalah kesalahan fakta sebesar 17,22%.

References

Ahmad, 1998. Identifikasi Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat. Skripsi. FMIPA IKIP Ujung Pandang.

Amir, N. F. (2021). MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN BENDA-BENDA TERDEKAT:(Calculating Multiplication with the Closest Objects). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(1), 20-30.

Amir, N. F., & Zakaria, M. Y. (2019). MISTAKE ANALYSIS OF CLASS X STUDENTS IN HANDAYANI SUNGGUMINASA HIGH SCHOOL IN COMPLETING THE PROBLEMS OF EQUATION AND EQUALITY EQUATION SQUARE. JME (Journal of Mathematics Education), 4(1), 33-42.

Arum, N., Amir, N. F., & Buru, U. I. (2019). IMPROVING STUDENT LEARNING RESULTS THROUGH THE APPLICATION OF THE QUANTUM TEACHING MODEL. JME (Journal of Mathematics Education), 4(1), 8-13.

Hudoyo, Herman, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Kadir, K. (2021). SCAFFOLDING PADA PROSES PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT:(Scaffolding of the Process of Mathematics Problem Solving in Integers). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(1), 8-13.

Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.

Kulsum, S. I. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 285-292.

Malmia, W., & Amir, N. F. (2021). PENGARUH PENGUASAAN MATERI TURUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR INTEGRAL:(The Influence Of Mastery Of Decreated Materials On Integral Learning Outcomes). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(1), 38-43.

Taufik, T. (2019). Strategi AMBT untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 5(2), 53-62.

Wahyuni, Andi,1997. Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika dalam Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas II SMP Negeri Belawa Kabupaten Wajo. Skripsi. FMIPA IKIP Ujung Pandang.

Zakaria, M. Y., Maghfirah, I., Amir, N. F., & Taufik, T. (2020). Card game method to improve the number of counting operations of elementary school students in Buru District. JME (Journal of Mathematics Education), 5(2), 79-88.

Downloads

Published

2021-09-05

How to Cite

Nur Alifah. (2021). ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR : Analysis of Error Completing Story Problems in The System of Linear Equations. Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(2), 45–54. https://doi.org/10.47323/ujes.v2i2.151