IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MODERAT TERHADAP PEMAHAMAN GURU DALAM PEMBEALAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 MALUKU TENGAH

(Implementation of Educational Moderation towards Teacher’s Comprehension in Teaching)

Authors

  • La Uba Madrasah Aliyah Negeri 4 Maluku Tengah (Banda, Maluku
  • Hanafi Pelu

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujss.v1i3.66

Keywords:

pendidikan moderat, pemahaman guru, pembelajaran

Abstract

Ancaman radikal sekarang ini sangat marak terjadi di tengah masyarakat Indonesia, yang dilakukan kelompok radikalisme, fundamentalisme, ekstrimis dan lainnya. Tindakan radikalisme disamping menimbulkan keresahan, juga dapat menimbulkan konflik antar sesama peserta didiksecara luas, bahkan menimbulkan rangkaian aksi teror, peledakan bom. Tulisan ini bertujuan untuk mnyampaikan pesan kedamaian, saling menghargai, menghormati dan toleransi dalam pembelajaran khususnya di Madarasah. Selain itu juga bertujuan untuk menyebarkan konsep penguatan Islam yang moderat di Madrasah agar guru mampu mengiplementasikannya dalam pembelajaran sehingga pemebelajaran terasa menyenangkan oleh peserta didik di Madrasah Aliayah Negeri 4 Maluku Tengah. Mudahnya mengakses informasi dan berkomunikasi di era digital sebagai effek dari perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media informasi yang dibutuhkan oleh semua kalangan terutama oleh guru dan peserta didik, termasuk pengetahuan agama yang bisa dipelajari dengan bebas tanpa bimbingan seorang guru. Penelitian ini merupakan studi pustaka untuk mendeskripsikan data yang terkait dengan penanaman Islam moderat yang dialakukan oleh guru agar pembelajaran yang menyenangkan. Hasil penelitian ini mendemonstrasikan bahwa Islam moderat (tawasuth) berintikan prinsip hidup yang menjunjung tinggi balancing and justice dalam kehidupan social di Madrasah dan Masyarakat. Nilai-nilai Islam moderat dapat diinternalisasikan di dalam kurikulum Madarash sebagai penguatan nilai-nilai Keadilan di Madrasah yang diterapkan dalam pembelajaran agar menyenangkan.

References

Amir, N. F. ., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR: (The Use of Problem Based-Learning (PBL) Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s Students). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 22-34.

Abd. Bakar, 2006. “Pendidikan Agama Berbasis Multikultural”, Mimbar Pembangunan Agama. No.239/Rajab/Sya’ban 1427H/Agustus /TH.KeXX.

Anita Lie, cooperative Learning Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas (Jakarta: Grasindo, 2005)

A. Zamroni, 2006. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Membangun Perilaku Positif Peserta didik”, Mimbar Pembangunan Agama, No.232/Dzulqaidah/Dzulhijjah/Januari /TH.KeXX.

Azra, A. (2007). “Eksplorasi atas Isu-Isu Kesetaraan dan Kemajemukan: Hubungan antar Agama” dalam Franz Magnis Suseno dkk. Memahami Hubungan antar Agama. Yogyakarta: eLSAQ Press.

Burhani, A. N. (2012). Al-Tawwasut wa-I I’tidal: The NU and Moderatism In Indonesian Islam. Asian Journal of Social Science

Bakir, M., & Othman, K. (2017). A Conceptual Analysis of Wasatiyyah (Islamic Moderation-IM) from Islamic Knowledge Management (IKM) Perspective. Revelation and Science, 7(1), 21-31.

Chaerul Rochman dan Heri Gunawan, 2011. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru, (Bandung: Nuansa Cendekia).

Cholid, N. (2017). Pendidikan Ke-NU-an: Konsepsi Ahlussunah Waljamaah Annahdliyah. Semarang: Presisi Cipta Media

Central Bureau of Qur’an Affairs Research and Development and Educational Training Agency, Ministry of Religious Affairs. 2016. Islamic Moderatism and its Role in Empowering Harmony within Society.

Darmansyah, 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor (cetakan ke II), (Jakarta: PT. Bumi Aksara).

Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokratis: sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2004)

Djali, Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara, 2008.

Hadari Nawawi, Organisasi Sekolah dan Pengelolaaan Kelas sebagai Lembaga Pendidikan (Jakarta: Haji Masagung, 1989)

Khlaed Abou El-Fadl, 2005. Selamatkan Islam dari Muslim Puritan, terj. Helmi Mustofa (Jakarta: Serambi)

Haidar Bagir, 2017. Islam Tuhan Islam Manusia: Agama dan Spiritualitas di Zaman Kacau, (Bandung: Mizan)

Hisyam, za ini. “strategi pembelajaran aktif di perguruan tinggi”, (Yogyakarta:PT. CTSD, 2002)

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran, (Jakarta: BumiAksara).

Husamah. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

H. Asis Saefuddin, Ika Berdiati, Pembelajaran Efektif.

Ismail, 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, (Semarang: Rasail Media Group)

John M. Echols dan Hassan Shadily, 1984. Inggeris Kamus Indonesia,(Jakarta: Gramedia).

Kirkpatrick, D. L. 1998. Evaluating Training Programs: The Four Levels. San Francisco: Berrett-Koehler Publisher, Inc.

Kementerian Agama RI, 2013. Laporan Tahunan Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan di Indonesia, (Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan).

Khadijah Ummul Mu'minin Nazharat Fi isyraqi Fajril Islam

M. Ainul Yaqin, 2005. Pendidikan Multikutural Untuk Demokrasi dan Keadilan, Jogja: Pilar Media.

Mulyono, 2011. Strategi Pembelajaran; Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global, (Malang: UIN-Maliki Press).

Nashar, iPeranan Motivasi dan Kemampua awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta. Delia press. 2004.

Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama)

Syaiful Bahri Djamarah, 2010. Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: PT Rineka Cipta).

Sugiono, 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta).

Suharsimi Arikunto, 2002. Penelitian Manageman Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto, Managemen Pengajaran Secara Manusiawi, Cetakan kedua, Jakarta: Rineka cipta, 1993

Sumadi Suryabrata, 2008. Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo.

Sutrisno Hadi, 2009. Meteologi Research, Yogyakarta: Andi Offset.

Thoifuri, 2008. Menjadi Guru Inisiator, (Semarang: Rasail Media Group).

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, (Jakarta: Depdiknas-Balai Pustaka, 2005).

Departemen Agama RI, 1992/1993. Ensiklopedi Islam di Indonesia, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Proyek Peningkatan Sarana dan Prasarana Perguruan Tinggi/ IAIN Jakarta).

Maksum, 1999. Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, (Jakarta: PT. Logog Wacana Ilmu).

Husni Rahim, 1998. Madrasah Dalam Politik Pendidikan Di Indonesia, (Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu). Mustofa Syarif dan Juanda Abubakar (eds.), Visi Pembaruan Pendidikan Islam H. A. Malik Fadjar, (Jakarta: LP3NI).

Zainal Abidin (Ed), 2009. Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Multikulturalisme, Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.

Tuharea, V. U., Bin Tahir, S. Z., Ami, I. S. O., & Rahman, A. (2020). BURU LANGUAGE CONSERVATION THROUGH SUSTAINABLE MULOK LEARNING IN BURU REGENCY: (Konservasi Bahasa Buru melalui Pembelajaran Mulok Berkelanjutan di Kabupaten Buru). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 49-55. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.30

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Uba, L., & Pelu, H. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MODERAT TERHADAP PEMAHAMAN GURU DALAM PEMBEALAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 MALUKU TENGAH: (Implementation of Educational Moderation towards Teacher’s Comprehension in Teaching). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(3), 13–25. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i3.66