PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY

(Enhanching of Student’s Interest and Learning Achievement through the Implementation of Cooperative Learning Model with Two Stay Two Stray)

Authors

  • Fitri Fitri IAI As'adiyah sengkang, wajo, sulsel

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujss.v1i3.50

Keywords:

aktivitas siswa, hasil belajar siswa, model pembelajaran kooperatif, tipe two stay two stray

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 SMAN 1 Sabbangparu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi sistem ekskresi pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom action research)yang dilakukan berupa proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1Sabbangparu Kabupaten Wajo dengan subyek penelitian siswa kelas XI IPA1 dengan jumlah  siswa sebanyak 30 siswa. Tekhnik pengumpulan data aktivitas belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi selama proses belajar mengajar di kelas sementara tekhnik pengumpulan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes akhir setiap siklus. Data hasil observasi siswa selama pelaksanaan tindakan dianalisis secara kualitatif, sedangkan data tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA1 SMAN 1 Sabbangparu.

References

Amir, N. F. ., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR: (The Use of Problem Based-Learning (PBL) Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s Students). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 22-34. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.22

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka cipta.

Badu, T. K., & Ikbal, M. S. . (2020). PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF: (Differences in Students’ Understanding of Physics Concepts through the Problem-based Learning Model and Concept-based Interactive Learning). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(2), 23-30. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i2.27

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hajar, I., Rahman, A., Tenriawali, A. Y., & Mangesa, R. (2020). THE INFLUENCE OF PODCASTS IN LEARNING ENGLISH VOCABULARY OF TWELVE-GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 2 BURU. 9, 15

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative learning. Yogyakarta:Pustaka Belajar

Rusman. 2010. Model- Model Pembelajaran. Bandung: rajawali Pers.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2005. Cooperative learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Zulmi, Yulia dkk. 2011. Penerapan strategi pembelajaran critical incident pada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 032 Piulau lawas kecamatan Bangkinang Seberang TA 2011/2012.Jurnal ilmiah hal. 3-4. 2011. Program studi PGSD Universitas Riau.

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Fitri, F. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY: (Enhanching of Student’s Interest and Learning Achievement through the Implementation of Cooperative Learning Model with Two Stay Two Stray) . Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(3), 105–112. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i3.50