PENGGUNAAN STRUKTUR KALIMAT TUNGGAL DI WHATSAPP GRUP KELAS R6A DI UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(The use of single sentence structures in the WhatsApp class R6A group at Indraprasta University PGRI)
DOI:
https://doi.org/10.47323/ujss.v4i1.268Abstract
Penggunaan struktur kalimat tunggal di WhatsApp grup kelas R6A di Universitas Indraprasta PGRI. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menyelidiki suatu hal secara mendalam dan (2) mengkaji fungsi penggunaan Bahasa gaul dan meme yang terdapat di grup chat. Penelitian ini dilakukan melalui akses internet melalui sebuah grup chat kelas untuk dapat mengakses WhatsApp. Pemerolehan Bahasa tersebut antaranya melalui lingkungan pertemanan, hasil peniruan melalui selebriti dan pembuatan kosa kata baru dari lingkup pertemanannya. Percakapan yang dilakukan mahasiswa kelas R6A didokumentasikan melalui hasil screenshot sehingga obrolan mahasiswa di dalam grup tersebut dapat dilihat secara visual. Dalam penelitian ini teknis analisis data yang digunakan yaitu: (1) identifikasi data, (2) klarifikasi data (3) penyajian data dan (4) proses kesimpulan.
Kata kunci : grup whatsapp, kata gaul,meme.
References
Alwasilah, A. Chaedar. 1985. Sosiologi Bahasa . Bandung Angkasa.
Alwi, Hasan, et al. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka. Chaer, Abdul. 1998. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Aslinda dan Syafyahya, Leni. 2017. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung : PT Refika Aditama.
Astuti, Purwani Indri. 2010. Dukungan Sosiolinguistik Terhadap Penerjemahan. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo: Widyatama. Vol.19,No.1
Bauckhage, C. 2011. Insight into Internet Memes. Proceedings of the Fifth International AAAI Conference on Weblogs and Social Media, 42-49.
Blommfield, Leonard. 1933. Language. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Bin-Tahir, S. Z., Saidah, U., Mufidah, N., & Bugis, R. (2018). The impact of translanguaging approach on teaching Arabic reading in a multilingual classroom. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 1(1).
Bin Tahir, S. Z. (2015). The attitude of Santri and Ustadz toward multilingual education at Pesantren. International Journal of Language and Linguistics, 3(4), 210-216.
Bin-Tahir, S. Z., Suriaman, A., & Rinantanti, Y. (2019). Designing English syllabus for multilingual students at pesantren schools. Asian EFL Journal, 23(3.3), 5-27.
Bin-Tahir, S., Hanapi, H., Mufidah, N., Rahman, A., & Tuharea, V. U. (2019). Revitalizing The Maluku Local Language In Multilingual Learning Model. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 8(10).
Bin-Tahir, S. Z., Atmowardoyo, H., Dollah, S., Rinantanti, Y., & Suriaman, A. (2018). MULTILINGUAL AND MONO-MULTILINGUAL STUDENTS’PERFORMANCE IN ENGLISH SPEAKING. Journal of Advanced English Studies, 1(2), 32-38.
Bin-Tahir, S. Z., Hanapi Hanapi, I. H., & Suriaman, A. (2020). Avoiding Maluku Local Languages Death Through Embedded Multilingual Learning Model: Menghindari Kematian Bahasa Daerah Maluku melalui Model Pembelajaran Embedded Multilingual. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 53-60.
Effendi, S. 1995. Panduan Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Jakarta: Pustaka Jaya. –––––. 2004. Adverbial Cara dan Adverbial Sarana dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Fowler, R. 1986. Linguistic Criticism. Oxford: Oxford University Press.
Hakim, Lukman, et al. 1992. Seri Penyuluhan 1: Ejaan dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Kridalaksana, Harimurti. 1996. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia (Edisi Kedua). Jakarta: Gramedia.
Latif, A. (Ed.). 2001. Bahan Penyuluhan Bahasa Indonesia: Ejaan. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Nugraha, A, dkk. 2015. Fenomena Meme di Media Sosial: Studi Etnografi Virtual Posting Meme Pada Pengguna Media Sosial Instagram. Jurnal Sosioteknologi.
Saidna Z, B. T., Haryanto, A., Syarifuddin, D., & Yulini, R. (2017). Multilingual Instructional Model of Pesantren Schools in Indonesia. Journal of Language Teaching and Research, 8(6), 1210-1216.
Tahir, S. Z. B., Atmowardoyo, H., & Dollah, S. (2018). BELAJAR BERBICARA MULTIBAHASA UNTUK SANTRI PESANTREN. Yogyakarta, Deepublish.
TAHIR, S. Z. A. B. (2017). Pengembangan Materi Multibahasa untuk Siswa Pesantren (Doctoral dissertation, Pascasarjana).