ANALISIS PENGGUNAAN TANDA BACA PADA SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS IQRA BURU
(Analysis of the Use of Punctuation Marks in Student's Thesis of Indonesian Language Education Study Program pf Iqra Buru University)
DOI:
https://doi.org/10.47323/ujss.v2i3.161Keywords:
Analisis Skripsi, dan Tanda baca.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengunaan tanda baca titik (.), koma (,), tanda tanya (?), dan tanda seru (!) pada skripsi mahasiswa Angkatan 2018-2019 Program Studi Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Iqra Buru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui teknik baca, teknik catat, dan teknik kartu data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dua skripsi yang peneliti analisis peneliti menemukan bahwa penggunaan tanda baca titik (.) lebih cenderung banyak dibanding dengan penggunaan tanda baca koma (,). Penggunaan tanda baca Tanya (?) dan penggunaan tanda baca seru(!) tidak didapatkan kesalahan penggunaanya pada kedua skripsi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia Universitas Iqra Buru.
References
Aziz, A.H. 2007. Metode Penelitian Kebidanan & Tehnik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.
Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hidayah, Nurul. 2009. Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Karangan Argumentasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jetis Bantul. Universitas Negeri Surabaya.
Moleong, j, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, Yadi. 2017. Bahasa indonesia untuk siswa SMA-MA/SMK-MAK kelas X. Bandung: Yrama Widya.
Supriani. Ani. 2016. Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Edukasi Kultura.
Sudaryanto et al. (Penyunting). 1991. Tata Bahasa Baku Bahasa Jawa. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Tarigan, Henry Guntur. 2010. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan. 2013. Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa Bandung.
Yulismayanti, 2017. Keefektifan Strategi Cooperative Integrated Reading And Compotision (CIRC) dalam Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Universitas Negeri Makassar.
.
Aziz, A.H. 2007. Metode Penelitian Kebidanan & Tehnik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.
Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hidayah, Nurul. 2009. Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Karangan Argumentasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jetis Bantul. Universitas Negeri Surabaya.
Moleong, j, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, Yadi. 2017. Bahasa indonesia untuk siswa SMA-MA/SMK-MAK kelas X. Bandung: Yrama Widya.
Supriani. Ani. 2016. Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Edukasi Kultura.
Sudaryanto et al. (Penyunting). 1991. Tata Bahasa Baku Bahasa Jawa. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Tarigan, Henry Guntur. 2010. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan. 2013. Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa Bandung.
Yulismayanti, 2017. Keefektifan Strategi Cooperative Integrated Reading And Compotision (CIRC) dalam Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Universitas Negeri Makassar.
.