KREATIVITAS KEPALA SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU SD

(Creativity of School Principles in Covid-19 Pandemic Situation to Improve the Teaching and Learning Process of Elementary Teachers)

Authors

  • Muhammad Safri STKIP Pembangunan Indonesia
  • Kembong Daeng Pascasarnajana STKIP Pembangunan Indonesia Makassar, Indonesia
  • Elpisah Elpisah Pendidikan Ekonomi STKIP Pembangunan Indonesia, Makassar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujss.v2i3.156

Keywords:

Kreativitas Kepala sekolah dan Proses Belajar Mengajar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Kreativitas Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Guru SD di Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan usaha yang dilakukan oleh kepala sekolah SD SD di masa pandemi covid-19 dalam meningkatkan proses belajar mengajar di Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, 2) Mendeskripsikan proses belajar mengajar di SD kecamatan Mangarabombang, kab. Takalar selama pandemi covid-19, 3) Mendeskripsikan kreativitas kepala sekolah SD sehingga dapat meningkatkan proses belajar mengajar selama masa pandemi covid-19 di Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, sumber data pada penelitian ini yakni data wawancara informan dan data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah SDN No. 60 Bontoparang, SDN N0 58 Lengkese, SDN No. 185 Inpres Salambu, SDN No. 179 Inpres Balang, SDN No. 178 Inpres Lamangkia, SDN No.180 Inpres Lakatong Pulau. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive yakni berdasarkan kapasitas yang memberikan kemudahan dan kesediaan dalam wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas kepala sekolah di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan kproses belajar mengajar guru SD di Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, yakni SDN No. 58 Lengkese Memberikan Surat Tugas Kepada Guru, Melakukan Sosialisasi Kepada Guru dan Siswa Mengenai Aplikasi Pembelajaran oleh SDN No. 179 Inpres Balang dan SDN No. 178 Inpres Lamangkia, SDN No. 60 Bonto Parang dan SDN No. 80 Inpres Lakatong Pulau Melakukan Pembelajaran Udara Melalui Radio, SDN No. 185 Inpres Salambu Melakukan Pembelajaran Luring.

References

Abdul Hadis. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Abdul Majid. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alwi Tata (2003) Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Jakatra: Balai Puastaka

Anissatul Mufarokah(2003) Strategi belajar mengajar, Yokyakarta:

Teras Amtu. (2013) Manajemen pendidikan diera otonomi daerah, konsep, strategi dan implementasi. Bandung: Alfabeta

Bayu dan Suryana. (2010) kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Daryanto. (2011). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. yogyakarta: Gava Media.

Engkoswara dan Komariah, (2015) Administrasi Pendidikan. Bandung: Alphabeta.

Hosnan. (2014) Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Jakarta : Ghalia Indonesia

Harun. (2009) Manajemen Sumber Daya Pendidikan Yokyakarta : Pena Persada

Husaini Usman. (2009) Manajemen : Teori, praktek, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hasbullah. (2008) Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (umum dan agama islam) Jakarta:Raja Gravindo.

Ismainar. (2015) Manajemen Unit Kerja Deepublish:

sleman Jamal Ma’mur Asmani. (2012). Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press.

Jejen Musfah. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana.

Lawrence B. Mohr. (1969) “Determinants of innovation in organizing”, American Political Science Review, 63, no.1

Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN-Maliki Press.

Mulyasa.E (2011). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa.E (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. (1992) Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : Gramedia Widiasarana.

Made Pidarta. (2008) Landasan kependidikan . Jakarta: Bumi Aksara

Miles, M.B. and Huberman, A, M, (1992) Analisis Data Kualitatif. Bandung : Remaja Rosadakarya.

Moh. Rifai MA, (1982) Administrasi Dan Supervisi Pendidikan Bandung:Jemarss Nani Rosdijati, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran,2015. Diakses pada tanggal 22 Maret 2017 dari situs: http://www.lpmjateng.go.id/web/ rsip/karya/tulis/ilmiah

Nasir Usman. (2012) Manajemen peningkatan mutu kinerja guru. Bandung: Citapustaka media perintis

Nasution (2003) Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bangdung : Transito.

Peter Salim dan Yeni Salim. (1995) Kamus Bahasa Indonesia Kontenporer Jakarta : Modern Press

Priansa dan Somad. (2014) Manajemen supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah, Bandung: Alfabeta

Priansa dan karwati. (2013) Kinerja dan profesionalisme: Membangun sekolah yang bermutu. Bandung: Alfabeta

Ridwan Abdullah Sani, dkk. (2015) Penjamin mutu sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2014) Model-model pembelajaran Jakarta:Raja Gravindo.

Rusdin Pohan. (2007) Metodologi Penelitian. Banda Aceh:Ar-Rijal Institute

Riyanto. (2010) Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2022-01-03

How to Cite

Safri, M., Kembong Daeng, & Elpisah, E. (2022). KREATIVITAS KEPALA SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU SD: (Creativity of School Principles in Covid-19 Pandemic Situation to Improve the Teaching and Learning Process of Elementary Teachers). Uniqbu Journal of Social Sciences, 2(3), 27–36. https://doi.org/10.47323/ujss.v2i3.156