PENGARUH MINAT BACA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA DI KECAMATAN SABBANGPARU KABUPATEN WAJO

(The Influence of Reading Interest and Learning Habit toward Students Learning Outcomes in Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo)

Authors

  • Fitri Fitri IAI As'adiyah sengkang, wajo, sulsel

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.73

Keywords:

minat baca, kebiasaan belajar, hasil belajar IPA terpadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh 1) minat baca terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa 2) kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa 3) minat baca dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa, berjumlah 470 siswa dengan sampel berjumlah 150 siswa diambil dengan tehnik stratified random sampling. Metode pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh secara signifikan minat baca terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa besarnya sumbangan relatif minat baca terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa sebesar 36.5%. 2) terdapat pengaruh secara signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa besarnya sumbangan relatif kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa sebesar 16.2% 3) terdapat pengaruh signifikan minat baca dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa, besarnya sumbangan relatif minat baca dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa sebesar 36.5%.

References

Bin Tahir, S. Z., Hanapi, Hajar, I., & Suriaman, A. (2020). Avoiding Maluku Local Languages Death Through Embedded Multilingual Learning Model. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.47323/ujss.v1i1.10

Bin Tahir, S. Z. (2015a). Multilingual Behavior of Pesantren IMMIM Students in Indonesia. Asian EFL Journal, 86, 45–64. http://asian-efl-journal.com/9108/teaching-articles/2015/07/volume-86-august-2015-teaching-article/

Bin Tahir, S. Z. (2015b). The Attitude of Santri and Ustadz Toward Multilingual Education at Pesantren. International Journal Of Language and Linguistics, 3(4), 210–216. https://doi.org/www.sciencepublishinggroup.com/journal/paperinfo.aspx?journalid=501&doi=10.11648/j.ijll.20150304.13

Bin Tahir, S. Z. (2017). Multilingual Teaching and Learning At Pesantren School in Indonesia. Asian EFL Journal, 98, 74–94. http://hdl.handle.net/10535/10267

Nugroho, Prasetyo. 2015. Pengaruh Minat Baca Dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13189, diakses pada tanggal 25 Oktober 2015).

Purnama, Habib., I Komang Winata & Nurdin. 2013. Pengaruh Bimbingan Orang Tua, Kebiasaan Belajar, dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP PGRI 2 Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ekonomi Ekobis, (Online), Vol. 1, No. 4 (http:// jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/951, diakses pada tanggal 27 Oktober 2015).

Rusman. 2010. Model- Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyuni, Sri. 2010. Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat

Literat. (Online), diksi Vol. 17, No. 1 (http://journal.uny.ac.id , diakses pada tanggal 11 November 2015).

Widyasmoro, Arso. 2015. Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas V SD di Desa Pagergunung Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2013/2014. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13561 , diakses pada tanggal 29 Oktober 2015).

Wijayanti. 2011. Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan II Pada Mahasiswa Semester III Akbid Mitra Husada Karanganyar. Jurnal KesMaDaska ISSN 2087-5002, (Online), Vol. 2, No. 1 (http://jurnal.stikeskusumahusada.ac.id/index.php/JK/article/view/15/70, diakses pada tanggal 11 November 2015).

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Fitri, F. (2020). PENGARUH MINAT BACA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA DI KECAMATAN SABBANGPARU KABUPATEN WAJO: (The Influence of Reading Interest and Learning Habit toward Students Learning Outcomes in Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo) . Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(3), 98–103. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.73