PENINGKATAN AKTIVITAS KOLABORASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKATAN STEM DENGAN PURWARUPA PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 5 YOGYAKARTA

(Improving Collaboration of Physics Learning Activities through the STEM Approach)

Authors

  • Irwan Yusuf SMAN 5 Yogyakarta
  • Andi Asrifan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.68

Keywords:

Kolaborasi pembelajaran, Fisika, STEM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran fisika melalui pendekatan STEM dengan purwarupa dan meningkatkan aktivitas pembelajaran fisika melalui pendekatan STEM dengan purwarupa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam istilah bahasa Classrom Action Research(CAR). Terdapat beberapa model penelitian tindakan yang  dikemukakan oleh sejumlah tokoh, seperti model Kemmis dan Mc Tanggart, model Elliot, model Ebbutt, dan model Mc Kernan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran Fisika yang menggunakan pendekatan STEM melalui purwarupa dapat meningkatkan aktivitas kolaboratif siswa kelas XI IPA6  semester 1 SMAN 5 Yogyakarta tahun ajaran 2019-2020  pada pokok bahasan Kesetimbangan, titik berat dan Fluida Statis. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas belajar peserta didik. Siklus I prosentase rata-rata aktivitas kolaboratif 65,00 % atau kriteria cukup dan pada siklus II prosentase rata-rata aktivitas kolaboratif belajar peserta didik meningkat menjadi 92,74 % atau kriteria sangat baik.    

References

Anitah, W. (2014). Strategi Pembelajaran di SD, Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.

Arsana, I.M. (2019). Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Sebagai Pilar Perlindungan Hak Anak Di Usia Sekolah. Jurnal FIlsafat Indonesia. 2(3), 137-143.

Arsyad & Sulfemi, W.B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. 3 (2). 41 – 46.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Irayanti, Upu, H., Tahir, T., & Yunus, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VB SDN Balang Baru 1 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan. 1 (2), 118-130.

Juwaeni, A & Akrom. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPS dalam Materi Gejala-Gejala Alam yang Terjadi di Indonesia dan Negara Tetangga dengan Menggunakan Media Audio Visual. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar. 7(1), 101-110.

Majid, Abdul. (2015). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Malmia, W., Latbual, J., Hentihu, V. R., & Loilatu, S. H. (2020). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA : (The Effectiveness of Contextual Teaching and Learning (CTL) on Student Mathematics Learning Achievements). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(2), 31-39.

Mangesa, R., & Irsan, I. (2020). EFEKTIFITAS FRAKSI AKTIF METANOL DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) YANG BERPOTENSI SEBAGAI ANTIBAKTERI SALMONELLAS TYPHI: (The Effectiveness of Methanol Active Fraction of Red Better Leaves [Piper Crucatum] that Potential as an Antibacterial Salmonellas Typhi). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(2), 40-45. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i2.31

Muslikha. (2020). Upaya Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Ips Pada Siswa MTsN Lebaksiu Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Model Kajian Kelompok (Group Investigation). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar. 10(1), 371-385.

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Yusuf, I., & Asrifan, A. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS KOLABORASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKATAN STEM DENGAN PURWARUPA PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 5 YOGYAKARTA: (Improving Collaboration of Physics Learning Activities through the STEM Approach). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(3), 32–48. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.68