OPTIMALISASI METODE EKSPERIMEN DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA BELAJAR IPA TENTANG PENGARUH MATAHARI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

(Optimization of Experimental Methods in Improving Student Achievement in Science Learning about the Effects of the Sun on Daily Life)

Authors

  • Wellyanti Wellyanti UPT SMP Negeri 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.62

Keywords:

Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Eksperimen

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu pelajaran yang diprioritaskan. Hal ini terbukti dengan pelajaran IPA selalu diikutkan dalam ujian nasional. Sehingga banyak lembaga-lembaga bimbingan membantu siswa yang merasa kesulitan dalam mengikuti pelajaran ini. Untuk itu, guru harus selalu kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga tercapai hasil yang memuaskan dan seluruh siswa dapat tuntas dalam belajar. Tujuan penelitian ini dapat mengetahui dampak kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan metode eksperimen dalam pelajaran IPA tentang Pengaruh Matahari dalam Kehidupan Sehari-hari. Tahap perbaikan pembelajaran menggunakan model siklus yang dilakukan secara berulang-ulang. Satu siklus putaran kegiatan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, kemudian membuat perencanaan kembali untuk siklus yang selanjutnya menunjukan perubahan yang signifikan dan dapat mencapai target yang ditentukan. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPA tentang Pengaruh Matahari Dalam Kehidupan Sehari-hari mengalami peningkatan setelah menerqapkan metode eksperimen. Sedangkan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus yang dilakukan. Pada tahap awal ketuntasan siswa 29%, pada siklus I 66%, dan pada siklus II 100%.

References

Badu, T. K., & Ikbal, M. S. . (2020). PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF: (Differences in Students’ Understanding of Physics Concepts through the Problem-based Learning Model and Concept-based Interactive Learning). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(2), 23-30. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i2.27

Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar 1994, Garis-garis Besar Haluan Pengajaran (GBPP). Jakarta: Dirjen Dikti.

Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemmis, Stephen and Robin McTaggart (eds). 1988. The Action Research Planner. Deakin University. Australia, Deakin University Press (3rd Edition).

Mangesa, R., & Irsan, I. (2020). EFEKTIFITAS FRAKSI AKTIF METANOL DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) YANG BERPOTENSI SEBAGAI ANTIBAKTERI SALMONELLAS TYPHI: (The Effectiveness of Methanol Active Fraction of Red Better Leaves [Piper Crucatum] that Potential as an Antibacterial Salmonellas Typhi). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(2), 40-45. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i2.31

Nugroho, H., K. Y Margiati., Gusti Bujang, A. 2013. Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV Madrasan Ibtidaiyah Muhammadiyah Kabupaten Ketapang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol 2, No 3.

Pemerintah Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar: Jakarta: Depdiknas

Putra, S. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.

Rismawati, Ratman, dan Andi Imrah D. 2016. Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Panas pada Siswa Kelas IV SDN No. 1 Balukang 2. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 1 hal. 199-215

Sartika, S, B. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen sebagai Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 1 (2), 189-212

Sudjana, N. (1989). Dasar - dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru

Sumantri, Mulyani dkk. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Supriadi, D. 2017. Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review. Volume 1 Number 2 hal 125-132.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Widayanti, Titik dan N.R. Utami. 2014. Efektivitas Pengembangan LKS Keterampilan Proses Sains Uji Karbondioksida Materi Sistem Pernapasan. Unnes Journal of Biology Education, 3(3): 15-20.

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Wellyanti, W. (2020). OPTIMALISASI METODE EKSPERIMEN DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA BELAJAR IPA TENTANG PENGARUH MATAHARI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI : (Optimization of Experimental Methods in Improving Student Achievement in Science Learning about the Effects of the Sun on Daily Life). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(3), 23–31. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.62