PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TENTANG SIFAT-SIFAT AIR PADA BIDANG STUDI IPA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

(Application of Experimental Methods about the Properties of Water in the Field of Science in Improving Student Learning Outcomes)

Authors

  • Fitriani Tabe UPT SMP Negeri 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujes.v1i2.61

Keywords:

Metode Eksperimen, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Metode eksperimen dipandang sebagai metode yang sesuai untuk pembelajaran IPA sebab eksperimen dapat menyediakan kondisi belajar sehingga peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berpikir dan kreativitas secara optimal. Tujuan penelitian ini diharapkan mengetahui perkembangan hasil belajar siswa melalui penerpan metode eksperimen pada pembelajaran IPA khususnya untuk materi sifat-sifat air. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research). Dalam penelitian ini peneliti bekerja sama dengan rekan guru sebagai pengamat, kehadiran peneliti sebagai guru kelas dan dilakukan seperti biasa, sehingga siswa tidak tahu kalau diteliti. Adapun Langkah–langkah kerja yang dilakukan peneliti meliputi siklus I dan II, dalam tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kesimpulan yang didapatkan yaitu Penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA khususnya untuk materi sifat-sifat air dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dari data yang diperoleh yang menyebutkan bahwa pada tahap awal sebelum diterapkannya metode aksperimen, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 43%. Setelah diterapkannya metode eksperimen, yaitu pada siklus I meningkat menjadi 62 % atau mengalami peningkatan 19 %. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan belajar siswa mencapai 100 % atau m,engalami peningkatan 57 % dari tahap awal dan 38 % dari siklus I.

References

Anni, C.T. dan Rifa‟i A. 2011. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Ardiansyah, D. 2014. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Asam Basa Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badu, T. K., & Ikbal, M. S. . (2020). PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF: (Differences in Students’ Understanding of Physics Concepts through the Problem-based Learning Model and Concept-based Interactive Learning). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(2), 23-30. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i2.27

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar SMP / MTs. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati Dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT.Rineka Cipta,

Gayatri., M, G, Wirakusuma. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Proporsal Penelitian Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Vol 14 No 2 hal 1-19.

Mangesa, R., & Irsan, I. (2020). EFEKTIFITAS FRAKSI AKTIF METANOL DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) YANG BERPOTENSI SEBAGAI ANTIBAKTERI SALMONELLAS TYPHI: (The Effectiveness of Methanol Active Fraction of Red Better Leaves [Piper Crucatum] that Potential as an Antibacterial Salmonellas Typhi). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(2), 40-45. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i2.31

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam : buku guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

Saragih, LE & Tarigan, R. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Script Dan Problem Based Instruction Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan. vol. 4 no. 2. Hal. 148 – 152

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Tabe, F. (2020). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TENTANG SIFAT-SIFAT AIR PADA BIDANG STUDI IPA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA: (Application of Experimental Methods about the Properties of Water in the Field of Science in Improving Student Learning Outcomes). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(3), 14–22. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i2.61