PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CILS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

(The Effect of Children Learning In Science Learning Models on The Physics Concepts Understanding)

Authors

  • Muh. Syihab Ikbal Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
  • Jusman Jusman Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
  • Tri Kurnia Badu Universitas Iqra Buru
  • Imam Permana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
  • Mukti Ali Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.53

Keywords:

Model Pembelajaran, Children Learning in Science (CLIS), Pemahaman Konsep Fisika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran children learning in science (CLIS) terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only post test group design. Populasi penelitian berjumlah 136 peserta didik yang tersebar ke dalam 4 kelas. Sampel penelitian berjumlah 36 peserta didik yang terbagi ke dalam 2 kelas dan dipilih dengan teknik random kelas yang dipadu dengan teknik pemadanan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep fisik peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran CLIS lebih besar dari rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, yaitu 78,93 > 70,64. Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 3.938 > 1,990, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CLIS memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pemahaman konsep peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

References

Afwa, I.L., Sutopo, Latifah, E. (2016). Deep Learning Question untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(3) 434-447.

Ain, T.N. (2013). Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika UNESA, 2(2) 97-102.

Ajul, L., Ain, N., Hudha, M.N. (2019). Metode Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS): Efektifkah Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Fisika?. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(2) 98-103.

Asih, Fihrin, Kendek, Y. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CILS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 2(3) 20-23.

Astiti, N.P.M., Ardana, I.K., Wiarta, I.W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal of Education Technology, 1(2) 86-93.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education, Eighth Edition. New York: McGraw Hill.

Hajar, I., Rahman, A., Tenriawali, A. Y., & Mangesa, R. (2020). THE INFLUENCE OF PODCASTS IN LEARNING ENGLISH VOCABULARY OF TWELVE GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 2 BURU. EXPOSURE: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, 9(2), 235-249.

Halim, A., Suriana, Mursal. (2017). Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1) 1-10.

Hartono, Mujamil S, J., Hidayati. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPA SMA Negeri Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 2(1) 23-34.

Irwandani, Rofiah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al- Ikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2) 165-177.

Ismail, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. PETIK: Jurnal Pendidikan Informatika dan Komunikasi, 1(1) 19-25.

Ismail, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Pokok Bahasan Fluida. JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, 1(2) 83-87.

Kurniawati, I.D., Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2) 68-75.

Krismayoni, P.A.W., Suarni, N.K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2) 138-151.

Laili, Y.N., Mahardika, I.K., Ghani, A.A. (2015). Pengaruh Model Children Learning In Science (CLIS) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2) 171-175.

Renjani, M.K.D., Susilawati, Khoiri, N. (2018). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) Berbantuan LKS pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Penelitan Pembelajaran Fisika, 9(1) 21-27.

Saregar, A., Marlina, A., Kholid, I. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Arias Ditinjau Dari Sikap Ilmiah: Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2) 255-263.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Sitompul, H. S., Ginting , Y. F. B. ., & Hajar, I. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIKUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KOLOGATIF LARUTAN : (Application of Synectic Learning Models to Improve Students’ Learning Achievement in Solution Colligative Discussion). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(2), 52-58. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i2.45

Wahyudi, I., Maharta, N. (2013). Pemahaman Konsep dan Miskonsepsi Fisika Pada Guru Fisika SMA RSBI di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1) 18-32.

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Ikbal, M. S. ., Jusman, J., Badu, T. K., Permana, I., & Ali, M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CILS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA : (The Effect of Children Learning In Science Learning Models on The Physics Concepts Understanding). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(3), 82–90. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.53