PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAVI DI MTS MIFTAHUL KHAIR NAMLEA
Increasing Student Creativity In Learning Mathematics With The Savi Approach at MTS Miftahul Khair Namlea
DOI:
https://doi.org/10.47323/ujes.v3i3.245Keywords:
Peningkatan Kreativitas, Pendekatan SAVI, kontrol, eksperimenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan SAVI. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data berdasarkan angket kreativitas sebelum dilakukan perlakuan pada kelas eksperimen 74,59 dan kelas kontrol 73,38. Selisih rata-rata tingkat kreativitas sebelum tindakan hanya 1,21. Hasil ini mengindikasikan bahwa kemampuan kedua kelas dalam tingkat kreativitas sama. Setelah dilakukan perlakuan diperoleh rata-rata tingkat kreativitas yaitu pada kelas eksperimen 89,69 dan kelas kontrol 75,90, selisih rata-ratanya adalah 13,79. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis statistik inferensial. Pada pengujian hipotesis dengan menggunkan uji t-test sampel independen, yang di uji yaitu data tingkat kreativitas kedua kelas setelah diberikan tindakan berbeda. Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh thitung = 7,07 dan ttabel = 0,05 Karena thitung > ttabel (7,07 > 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kreativitas siswa yang mendapat pendekatan SAVI dengan yang tidak. Oleh sebab itu, penggunaan pendekatan SAVI lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional terhadap peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII MTs Miftahul Khair Namlea.
References
Afriawan, M., & Binadja, A. (2012). Pengaruh penerapan pendekatan SAVI bervisi SETS pada pencapaian kompetensi terkait reaksi redoks. Unnes Science Education Journal, 1(2).
Amir, N. F. (2021). MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN BENDA-BENDA TERDEKAT:(Calculating Multiplication with the Closest Objects). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(1), 20-30.
Kemalawati, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Alat Permainan Balok di Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 6(1).
Magfirah, I. (2021). RELATIONSHIP BETWEEN SELF-TRUST AND ANXIETY AND LEARNING RESULTS:(Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Kecemasan Dengan Hasil Belajar). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(1), 92-99.
Mayliana, E., & Sofyan, H. (2013). Penerapan accelerated learning dengan pendekatan SAVI untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi menggambar busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Meier, Dave. (2002). The Accelerated Learning Hangbook.Jakarta: Kaifa
Ngalimun, Haris Fadillah dan Alpha Ariani, (2013). Perkembangan dan Pengembanngan Kreativitas, Banjarmasin: Aswaja Pressindo
Pratiwi, D., & Pujiastuti, P. (2014). Pengembangan bahan ajar biologi berbasis pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada pokok bahasan sistem pernapasan Kelas XI SMA dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Edukasi, 5-9.
Rachmawati, Yeni, Euis Kurniati, (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak, Cet ke I; Jakarta: Kencana Prananda Media Group
Rachmawati, Yeni, Euis Kurniati, (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak, Cet ke I; Jakarta: Kencana Prananda Media Group
Ronnie M, Dani. 2006. The Power of Emosional & Adversity Qoutien for Teachers. Jakarta: Penerbit Hikmah
Sambada, D. (2012). Peranan kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika dalam pembelajaran kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37-47.
Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kreativitas siswa. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 4(1), 35-46.
Thersia, V., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2019). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan somatis auditori visual intelektual (SAVI) dengan model pengajaran langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(01).