ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PLATFORM JUAL BELI ONLINE (STUDI KASUS: MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS IQRA BURU)

(Analysis of Consumer Satisfaction Level on the Online Buying Platform)

Authors

  • Mentari Rasyid Universitas Pattimura

Keywords:

KEPUASAN KONSUMEN PADA PLATFORM JUAL BELI ONLINE

Abstract

        Teknologi dan kecanggihan internet saat ini menjadi seakan menjadi kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Perkembangan teknologi yang sudah merambah ke segala sisi kehidupan manusia membuat banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut  untuk hal-hal yang berbau ekonomi.. Salah satunya dalam transaksi perdagangan. Kini telah tersedia berbagai jenis platform penjualan online yang berlomba-lomba memberikan pelayanan jasa belanja online demi menarik perhatian dan antusias masyarakat. Sebut saja Aplikasi Shopee. Tokopedia dan Lazada yang merupakan sekian banyak dari platform jual beli online dengan market place terbesar di Indonesia.   Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasaan pelanggan terhadap a aplikasi belanja onlie dilihat dari sudut pandang konsumen. Proses pengambilan data didapatkan melalui penyebaran kuisioner/angket dengan menggunakan bantua googledoc yang disebarluaskan kepada sampel yang berjumlah 80 orang. Data kemudian dianalisis menggunakan  analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 16.0.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arianty,Nel dkk (2015),Manajemen Pemasaran. Medan : Penerbit Mulya Sarana. Chacha Andhira Sari “Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswa Antropologi Universitas Airlangga”

Dinar Ika Pratiwi, 2010. “Analisis Pengaruh Harapan Pelanggan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Internet Flash Unlimited Di Semarang”, dalam Skripsi,, Semarang: Universitas Diponegoro.

Ekaningsih, Leli A.N dan Maria Ulfa. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Haji Arafah pada Bank Muamalat Indonesia KCP Genteng Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, Vol.1. No.1.

Indriyani, Furi dan Lydia Salvina Helling. 2018. ―Analisis Pengaruh Kualitas

Website, Kepercayaan, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia‖. Jurnal Riset Manajemen. Vol. 5 (1): 56-68. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika(BSI).

Chandra, Teddy dan Devy Novia. 2019. ―AnalisisKualitasPelayanan dan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Optik Jakarta Pekanbaru‖. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 7 (2): 125-139. Pekanbaru: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PelitaIndonesia

Dotulong , Lucky OH dan Sjendry SLoindong. 2017. ―Eksplorasi Faktor Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pasar Pinasungkulan Karombasan Kota Manado‖. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi. Vol. 4 (3):173- 181. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Hadya Jayani, Dwi. 2019. 10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbesar Kuartal III-2019.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Rasyid, M. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PLATFORM JUAL BELI ONLINE (STUDI KASUS: MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS IQRA BURU) : (Analysis of Consumer Satisfaction Level on the Online Buying Platform). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 3(1), 40–50. Retrieved from http://ejournal-uniqbu.ac.id/index.php/ujes/article/view/194