QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MAN 2 MODEL MAKASSAR
(Quantum Teaching in Physics Courses at Man 2 Model of Makassar)
DOI:
https://doi.org/10.47323/ujes.v3i1.192Keywords:
quantum teaching, Fisika, MadrasahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan Quatum Teaching untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika di MAN 2 Model Kota Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; apakah quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika? Sedangkan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah, kualitatif. Dimana, peneliti akan menyampaikan data dengan menguraikan berupa kalimat. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai oleh penenlti adalah jenis deskriptif. Pendekatan deskritif hanya mendiskripsikan fenoma, gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa; Pembelajaran dengan menggunakan Quantum Teaching suasana yang dirasakan oleh peserta didik sangat menyenangkan. Selain itu, dalam proses pembelajaran, guru dapat mempersiapkan langkah-langkah sebagai berikut: memperhatikan emosi peserta didik, semangat dalam belajar, menarik keterlibatan peserta didik, guru harus membangun hubungan yakni menjalin rasa simpati, saling pengertian dan saling memiliki baik antar peserta didik maupun peserta didik terhadap guru, memberikan banyak senyuman dan menjadi pendengar yang baik sehingga menyingkirkan ancaman dalam belajar. Quantum Teaching penggunaanya selama proses pembelajaran berlangsung peserta didik merasa bersemangat dalam belajar karena menikmati suasana belajarnya, kemudian peserta didik yang kurang aktif dalam proses belajar menjadi aktif karena terlibat langsung dalam proses pembelajaran sedangkan untuk model biasa peserta didik lebih bekerja sendiri-sendiri karena model pembelajaran ini masih berpusat pada guru dan tidak ada pembentukan kelompok dalam proses pembelajaran sehingga kurang ada keterlibatan peserta didik.
References
Ariyani, B., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2019). Meningkatkan Antusiasme dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Picture and Picture Berbantuan Media Puzzle pada Muatan Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKn Kelas 1 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 289-296.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Hanafi, R. U. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dinamika Ekspor ASEAN 5: Pendekatan Panel Kointegrasi. Cendekia Niaga, 5(2), 175-189.
HIJRAH, S. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SD INPRES MALENGKERI II.
Huda, M. (2013). Analisis Of Important Factors Evaluation Criteria For Green Building. The International Journal Of Engineering And Science (The IJES)., 2(12), 41-47.
Istiyani, D., Zamroni, Z., & Arikunto, S. (2017). A model of madrasa ibtidaiya quality evaluation. REiD (Research and Evaluation in Education), 3(1), 28-41.
Jusuf, R., Ratnawulan, A., & Sa’ud, U. S. (2018). Profil Karakteristik Soal Ujian Nasional IPA SD Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Visipena, 9(1), 115-127.
Moleong, L. C., Rumagit, A. M., & Sugiarso, B. A. (2013). Implementasi Cluster Computing Untuk Render Animasi. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 2(3), 25-32.
Nata, H. A. (2012). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.
Panggabean, H. S., Hasanah, N. U., Ulfia, S., Hardiyanti, S. D., Astuti, P. W., & Fitri, E. (2021). Upaya Guru PAI Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Education & Learning, 1(2), 6-11.
Pelu, H., & Zainal, M. (2022). Komunikasi Interaktif Melalui Metode CAS-CIS-CUS. Jurnal Ilmiah Nizamia, 4(2), 171-178.
Subagya, H., & Wilujeng, I. (2013). Fisika (Guru/X/SMA), Bumi Aksara, 2013: Fisika (Guru/X/SMA) (Vol. 1). Buku Digital.
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan matematika universitas bung hatta. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Widianingsih, E., & Sentosa, M. R. A. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi Melalui Pendekatan Quantum Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan Kelas X SMA Negeri 1 Karangwareng Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 22-27.