PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
(The Influence of Parenting Patterns on Mathematics Learning Achievement of Elementary School Students)
DOI:
https://doi.org/10.47323/ujes.v3i1.176Keywords:
Pola Asuh, Orang Tua, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Al-Hilaal Waimiting. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik non tes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan menggunakan analisis jalur. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VI SD Al Hilal Waimiting tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 34 siswa. hasil penelitian menunjukakan bahwa pada pola asuh otoriter yang diterapkan pada 11 orang siswa dengan presenatase 32,35%, pola asuh demokratis dilakukan pada 11 siswa dengan presentase 32,35% sedangkan pola asuh permisif diterapkan pada 12 siswa dengan presentase 35,30%. Selanjutnya data prestasi belajar siswa Siswa Kelas IV SD Al Hilaal Waimiting diperoleh 81. Berdasarkan hasil hasil analisis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai F-hitung sebesar 4,361. dengan demikian ada pengaruh pola asuh orang tu aterhadap prestasi belajar siswa SD Al Hilaal Waimiting hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil analisis data dengan nilai F-hitung sebesar 4,361 > F-tabel sebesar 4,13.
References
Andrie, Winarti & Utami. 2001. “Pola Asuh Orang Tua Dan Nilai-Nilai Kehidupan Yang Dimiliki Oleh Remaja”.Press.
Malmia, Wa; Makatita, Sitti Hajiyanti; Muna, Jalil. Pengaruh Minat Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Buru: the Influence of Interest and Creatifity Learning on Mathematics Achievement of Students at SMP Negeri 3 Buru. Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2020, 1.1: 9-14.
-----------, et al. Efektifitas pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa:(the effectiveness of contextual teaching and learning (CTL) on student mathematics learning achievements). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2020, 1.2: 31-39.
------------Wa; Amir, Nur Fadhilah. Pengaruh Penguasaan Materi Turunan Terhadap Hasil Belajar Integral:(The Influence Of Mastery Of Decreated Materials On Integral Learning Outcomes). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2021, 2.1: 38-43.
Mussen. 2008. “Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Erlangga.
Notosudirjdo & Latipun. 2005. “Kesehatan Mental: Konsep Dan Penerapan”. Malang: UMM
Slameto. 2010. “ Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya”. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi revisi. Bandung : Alfabeta, CV.