ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS V SD NEGERI 4 WAEAPO DALAM MEMAHAMI KONSEP PECAHAN

(Analysis of Difficulties of Students in Class V SD Negeri 4 Waeapo in Understanding the Concept of Fractions)

Authors

  • Nur Fadhilah Amir Universitas Iqra Buru
  • Andi Andong Universitas Iqra Buru

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujes.v2i3.170

Keywords:

pecahan, konsep, kesulitan

Abstract

Siswa masih kesulitan dalam mempelajari konsep pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari konsep pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tes dan angket sebagai instrumen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Waeapo. Data dianalisis dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami konsep pecahan, yaitu diantaranya siswa mengikuti pelajaran dengan pasif, belajar jika ada keinginan dan tidak mempunyai pemahaman dalam memanfaatkan waktu belajar, kurangnya perhatian dan keterlibatan langsung orang tua dalam mendampingi siswa ketika belajar di rumah, siswa masih menganggap matematika itu sulit.  

References

KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR: Analysis of Error Completing Story Problems in The System of Linear Equations. Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(2), 45-54.

Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR:(The Use of Problem Based-Learning (PBL) Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s Students). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 22-34.

Amir, N. F. (2021). MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN BENDA-BENDA TERDEKAT:(Calculating Multiplication with the Closest Objects). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(1), 20-30.

Amir, N. F., & Zakaria, M. Y. (2019). MISTAKE ANALYSIS OF CLASS X STUDENTS IN HANDAYANI SUNGGUMINASA HIGH SCHOOL IN COMPLETING THE PROBLEMS OF EQUATION AND EQUALITY EQUATION SQUARE. JME (Journal of Mathematics Education), 4(1), 33-42.

Arum, N., Amir, N. F., & Buru, U. I. (2019). IMPROVING STUDENT LEARNING RESULTS THROUGH THE APPLICATION OF THE QUANTUM TEACHING MODEL. JME (Journal of Mathematics Education), 4(1), 8-13.

Anwar, Syafri. 2000. Profil Penguasaan Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas I SLTP Negeri 3 Sajoanging. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM Makassar.

Hudojo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematiak. IKIP-Malang.

Kadrawati, Sri. 1995. Analisis Penguasaan Operasi Hitung Pecahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Murid Kelas V SD Negeri di Kecamatan Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Tidak diterbitkan. Ujungpandang: FMIPA IKIP Ujungpandang.

Malmia, W., & Amir, N. F. (2021). PENGARUH PENGUASAAN MATERI TURUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR INTEGRAL:(The Influence Of Mastery Of Decreated Materials On Integral Learning Outcomes). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(1), 38-43.

Prafitriyani, S., Magfirah, I., Amir, N. F., Irmawati, A., & Umanailo, M. C. B. (2019). Influence of emotional intelligence on mathematics learning outcomes of class VII middle school 9 Buru students. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1490-1494.

Tiro, Arif. 1985. Studi Tentang Penguasaan Konsep Pecahan Siswa-Siswa Kelas IV, V, VI, Sekolah Dasar di Kota Madya Ujung Pandang. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana IKIP Malang.

Zakaria, M. Y., Malmia, W., Irmawati, A., Amir, N. F., & Umanailo, M. C. B. (2019). Effect Mathematics Learning Achievement Motivation on Junior High School Students 1 Namlea. Int. J. Sci. Technol. Res, 8(10).

Downloads

Published

2022-01-04

How to Cite

Amir, N. F., & Andong, A. (2022). ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS V SD NEGERI 4 WAEAPO DALAM MEMAHAMI KONSEP PECAHAN : (Analysis of Difficulties of Students in Class V SD Negeri 4 Waeapo in Understanding the Concept of Fractions). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(3), 41–53. https://doi.org/10.47323/ujes.v2i3.170