DESKRIPSI PENGUASAAN DAN PERSEPSI SISWA SMA TERHADAP MATERI POKOK BAHASAN STATISTIKA
(Description of High School Student's Mastering and Perception of Statistics Materials)
DOI:
https://doi.org/10.47323/ujes.v2i3.169Keywords:
Persepsi Siswa, Statistika, Sekolah Menengah AtasAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat korelasional bertujuan untuk mengetahui kaitan atau hubungan antara persepsi dengan tingkat penguasaan siswa terhadap materi pokok bahasan statistika. Populasi dalam penelitian ini adalah kesuluruhan siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gangking Bulukumba yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah siswa kurang lebih 200 orang dan sampel sebanyak 50 siswa yang diambil secara acak (Teknik Random Sampling). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan 2 instrumen yaitu tes penguasaan dan tes skala persepsi. Untuk pengolahan data hasil penelitian digunakan 2 macam cara analisis statistika yaitu analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa terhadap materi pokok bahasan statistika berada dalam kategori rendah dengan skor rata-rata 28 dan standar deviasi 9,97, sedangkan untuk persepsi terhadap materi pokok bahasan statistika berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 95,35 dan standar deviasi 9,19. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi dengan tingkat penguasaan siswa terhadap materi pokok bahasan statistika dilihat dari nilai peluang p = 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan α = 0,05 (p < α ). Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = -29,2 + 0,600 X, dengan koefisien determinasi R2 = 0,306 yang berarti bahwa 30,6 persen penguasaan siswa dipengaruhi oleh persepsi.
References
Abdullah, S., & Sutanto, T. E. (2015). Statistika tanpa stres. TransMedia.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.
Sahidin, L. (2013). Pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 212–223.
Saifuddin, M. F. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102–109.
Simbolon, M. (2007). Persepsi dan kepribadian. Jurnal Ekonomis, 1(1), 52–66.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.
Slameto, S. (2017). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 38–47.
Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35–47.