PENINGKATAN MUTU PELAYANAN JASA SERVICE BENGKEL KURNIA MOTOR DI KOTA NAMLEA

(Improving the Quality of Service Services Kurnia Motor Workshop in Namlea City)

Authors

  • Hamdani Kubangun Universitas Iqra Buru
  • Atina Buton Universitas Iqra Buru

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujes.v2i3.166

Keywords:

Jasa service,Kepuasan, Pelayanan

Abstract

Persaingan yang semakin ketat terjadi di dalam dunia otomotif khususnya produk sepeda motor, karena produk ini merupakan alat transportasi darat yang paling dominan banyak dimiliki dan dibutuhkan oleh masyarakat. Memang tidak mudah menjadi yang terbaik, selain harus menyediakan kualitas terbaik juga ada faktor pola perilaku konsumen yang tidak mudah ditebak, apalagi di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, sehingga memiliki ragam pola perilaku yang berbeda pula. Bengkel merupakan salah satu faktor utama bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya akan layanan perbaikan dan perawatan kendaraan yang mereka miliki. Untuk mengetahu kepuasan pelanggan dalam pelayanan maka penulis membuat penelitian dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Bengkel Kurnia Motor dan untuk mengetahui  faktor pelayanan apa saja yang perlu di tingkatkan Bengkel Kurnia Motor untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Dari hasil pembahasan pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dilihat dari uji korelasi sebesar r hitung 1,0 > r tabel 0,387, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara variabel pelayanan dengan variabel kepuasan, maka perlu faktor perbaikan pelayanan diantaranya membuat ruangan tuggu yang aman, menyediakan tempat parkir dan memberi garansi kepada pelanggan.

References

Anastasia, A & Susana Urbina. 1997 Psychological Testing. (New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Apriliya, Putri, R. (2012) Re: Kualitas Pelayanan Konsumen. Jurnal Industri Vol 4 No. 1 Hal 41-52

Christoper Lovelock & Lauren K Wright.2007. Manajemen Pemasaran Jasa, PT.

Indeks, Indonesia .

Deni,Irawan.(2008). Re: Peningkatan Mutu Jasa Service. Diakses Dari https://www.google.com/search?q=analisis+peningkatan+mutu+jasa+service+kendaraan+bermotor+roda+dua+dengan+quality+function+deployment&rlz=1C1CHBD_enID734ID735&oq=anali&aqs=chrome.0.69i59j69i57j0l4.16500j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8. Diakses pada tanggal 05 mei 2021

Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta

Fandy Tjiptono and Gregorius Chandra. 2007. Service, Quality Satisfaction. Andi

Ofset. Yogyakarta.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi

Yogyakarta: Andi.

Gaspersz, V. (2003). Total Quality Managment. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler. Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks, Kelompok Gramedia

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks

Yuliarmi, Ni Nyoman dan Putu Riyasa. 2007. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan PDAM Kota Denpasar. Denpasar: Buletin Studi Ekonomi Volume 12 Nomor 1 Tahun 2007.

Salomon. R. Michael dan Stuart. W. Elnora. (2003). Marketing Real People. RealChoices. Internasional Edition. Prentice Hall. New Jersey.

Setijanen. (2012). Analisa Kualitas Pelayanan Dengan Servqual dan QFD. Surabaya: Handy

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sukadji. 2000. Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah (Direvisi dan Dilengkapi) . Depok : Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2022-01-04

How to Cite

Kubangun, H., & Buton, A. (2022). PENINGKATAN MUTU PELAYANAN JASA SERVICE BENGKEL KURNIA MOTOR DI KOTA NAMLEA: (Improving the Quality of Service Services Kurnia Motor Workshop in Namlea City). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(3), 29–34. https://doi.org/10.47323/ujes.v2i3.166