ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR PADA MATERI GETARAN SELAMA PEMBELAJARAN DARING

(Analysis of Understanding Concepts of Physics Education Students at Uin Alauddin Makassar on Vibration Materials During Online Learning)

Authors

  • Jusman juju UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47323/ujes.v2i3.160

Keywords:

Pemahaman Konsep, Getaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman konsep mahasiswa pada materi getaran harmonik mata kuliah gelombang dan optik Jurusan Pendidikan Fisika UIN Aladdin Makassar pada masa pembelajaran daring.Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dengan menjadikan semua populasi sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes pemahaman konsep yang terdiri atas 3 indikator pemahaman konsep yaitu translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Jenias penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep mahasiswa pada materi getaran harmonikJurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar di masa pembelajaran daring berada pada kategori sangat rendah dengan sor rata-rata pemahaman konsep yaitu 19,54. Untuk pemahaman masing-masing indikator, pemahaman mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika pada materi getaran harmonik mata kuliah gelombang dan optik , untuk translasi berada pada kategori sangat rendah degan skor rata-rata 10,34, interpretasi berada pada kategori kurang dengan skor rata-rata 27,93 dan ekstrapolasi berada pada kategori kurang dengan skor rata-rata 20,35.

References

Basuki, Ismet. 2014. Assement Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Bloom, B. S. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: McKay.

Damayanthi.2020. Efektivitas pembelajaran daring di masa pademi covid 19 pada perguruan tinggi keagamaan katolik. Jurnal educational Tekhnology. Volume 19 Nomor 3.

Georgi, Howard. 2007. The Physics of Waves. New Jersey: Prentice Hall.

Giancoli, Douglas C. 2001. Fisika Jilid I (terjemahan). Jakarta : Erlangga.

Jusman. 2020. Perbandingan Pemahaman Translasi Antara Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Uin Alauddin Makassar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Vol. 8 No. 1, Maret 2020.

Jusman. 2020. Perbandingan Pemahaman konsep ekstrapolasi Antara Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya.Volume 3 nomor 2.

Kuswana, W.S. 2012. Taksonomi Kognitif: Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustika. 2021. Analisis Perkuliahan Daring Program Studi Pendidikan Fisika Di Masa Pandemi Covid 19. JPF ( Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro. Volume 9 nomor 2.

Pain. H.J. 2005. The Physics of Vibrations and Waves. London: JW Ltd.

Purwanto. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Serway dan Jewett. 2010. Fisika Untuk Sains dan Teknik Edisi 6 (Terjemahan). Jakarta: Salemba Teknika.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Yusuf, A. Muri. 2015. Asessment dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pranada Media Group.

Downloads

Published

2022-01-04

How to Cite

juju, J. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR PADA MATERI GETARAN SELAMA PEMBELAJARAN DARING : (Analysis of Understanding Concepts of Physics Education Students at Uin Alauddin Makassar on Vibration Materials During Online Learning). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(3), 11–17. https://doi.org/10.47323/ujes.v2i3.160